Skip to main content

5 Cara Membangun Strategi Media Sosial yg Benar

Cara Membangun Strategi Media Sosial yang Benar – Seperti apa sih caranya membangun strategi sosial media yang benar itu? Beberapa menit kedepan Anda akan tahu caranya. Lanjut untuk membaca.

Berdasarkan penelitian sejak sepuluh tahun terakhir ini, media sosial yang tersedia di Internet telah banyak difungsikan oleh para penggunanya untuk tujuan bisnis. Lebih spesifiknya digunakan sebagai media untuk memasarkan produk.

Media sosial adalah salah satu tempat yang potensial dan paling baik untuk membangun brand sendiri, perusahaan, Produk, dan jasa. Nah, tujuan Anda membaca artikel ini tentu ingin tahu juga seperti apa strategi yang tepat untuk memanfaatkan media sosial sebagai celah terbaik untuk membangun brand.

Inilah cara membangun strategi media sosial yang benar supaya Anda bisa mendapatkan manfaat yang besar dari segi marketing di media sosial:

  1. Anda Harus Mengetahui dan Mengukur Tujuan Anda

Tujuan Anda dalam memanfaatkan media sosial harus Anda tentukan dari sekarang. Apakah Anda Cuma ingin mengenalkan produk Anda saja atau Anda ingin mendapatkan pengunjung ke website toko online Anda, atau untuk meningkatkan penjualan produk Anda?

Ada berbagai macam tujuan sih sebenarnya, namun dalam konteks marketing tentunya Anda memanfaatkan media sosial tersebut adalah untuk menjual sesuatu.

Promosi itu ada banyak tujuannya, apakah Anda ingin membuat diri Anda terkenal, atau Anda ingin membuat produk Anda terkenal. Intinya, apapun tujuan Anda, inilah langkah awal Anda yang harus Anda tentukan untuk menentukan langkah berikutnya.

Baca juga di Ujangtoha.com tentang: Case Studi Teknik Sniper Marketing Menggunakan Facebook dan Google Adword untuk meningkatkan profit online Anda

Setelah tujuan tersebut Anda tetapkan, maka ukurlah setiap strategi marketing yang Anda gunakan. Buat ceklist dan catatan tersendiri untuk setiap strategi yang Anda gunakan. Dengan cara tersebut, nantinya Anda akan menemukan cara tersendiri yang paling Ampuh dan lebih cepat untuk mencapai tujuan Anda.

Jika Anda bertujuan ingin mendatkan penjualan, tentunya anda ingin mendapatkan penjualan lebih banyak dengan tanpa membuang banyak waktu dan biaya. Benar atau tidak, yang jelas menurut saya itu benar adanya.. kenyataanya memang begitu.

  1. Anda Harus Bisa Mengenal Karakteristik Audience Anda

Audience adalah prospek Anda, mereka adalah orang-orang yang ada di media sosial yang menggunakan media sosial sebagai tempat untuk bersosial secara online. Anda harus bisa mengenal karakteristik audience Anda. Nantinya, Anda bisa menjaring mereka kedalam sebuah group khusus sesuai dengan minat dan kesukaan mereka. Semakin spesifik maka itu semakin baik. Buatlah rincian pelanggan anda dari segi kegemaran, usia, ketertariakn bidang tertentu dan lainnya.

  1. Anda Juga Harus Bisa Memperhatikan dan Mengawasi Saingan Anda

Saingan anda adalah mereka yang menjual produk sejenis atau mereka yang menargetkan audiens yang sama dengan anda. Dengan adanya saingan anda menjadi bersemangat mengembangkan strategi-strategi baru, bahkan anda bisa belajar dari kesalahan saingan anda, anda bisa belajar dari kiat-kiat sukses mereka, anda bisa pelajari setiap detail aktivitas media sosial mereka, dll.

  1. Anda Harus Bisa Memilih Media Sosial yang tepat

Media sosial itu banyak macamnya, tidak semua cocok untuk bisnis Anda. Anda harus bisa memilih media sosial apa yang tepat untuk tujuan bisnis Anda. Fokuslah pada 1 atau maksimal 2 media sosial saja. Lebih dari 2 media sosial membuat anda kewalahan, lain halnya jika brand anda sudah sangat terkenal.

  1. Anda Harus Bisa Membangun Perencana Konten

Coba ya Anda buat perencanaan konten yang baik dan menarik. Buatlah materi edukasi yang sesuai dengan target audience Anda. Konten yang Anda buat harus menarik dan tidak monoton. Suaya audience Anda tidak bosan, lebih bagus lagi Anda bisa membut konten yang di tunggu-tunggu kehadirannya oleh para audience Anda.

Konten yang Anda bikin bisa berupa video pendek atau ulasan apa saja. Jadi tidak terus-menerus teks dan gambar saja. Terkadang konten anda selingi dengan meme yang lucu juga bagus. Kreatiflah dalam membuat konten dan berikanlah konten yang bernilai bagi audiens anda.

Oke ya, sekian dulu artikel dari saya tentang cara membangun strategi sosial media yang benar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. So, jangan lupa nih share juga informasi ini ke teman-teman Anda di media sosial. Saya juga sangat berterima kasih jika Anda dapat meninggalkan jejak di halaman ini dengan memberikan komentar.

Baca juga: Strategi Sosial Media Marketing yang terarah untuk meningkatkan trafik dan penjualan Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *