Skip to main content

Ilmu Media Sosial Marketing di Twitter

Cara Ampuh Mempromosikan Akun Instagram

Awalnya instagram diciptakan sebagai media sosial untuk upload gambar atau foto dari smartphone. Sama halnya seperti media social lainnya, fungsinya pun bergeser seiring dengan banyaknya bisnis yang menggunakan instagram untuk keperluan marketing.

Siapa sangka, Instagram yang merupakan sebuah aplikasi berbagi gambar kini telah berkembang menjadi salah satu alat marketing yang paling efektif dalam menjual produk. Efektivitas ini tak lepas dari gambar yang dibagikan.

Kekuatan visual dianggap lebih mempunyai daya tarik untuk membawa pengunjung melakukan konversi dibandingkan dengan cara lainnya. Bahkan pengguna instagram naik secara signifikan setahun 2 tahun belakangan.

Selingan dulu ya: Ada seorang ibu hobinya jualan tas, beliau sukses jualannya ketika menjajal pasar internet, beliau menerapkan ilmu yang disampaikan disini di New Sniper Marketing

Akhir tahun 2015 lalu pengguna instagram lebih dari 400 juta orang dan Indonesia salah satu Negara terbanyak pengguna instagrammnya. Jelas, media sosial ini dilirik menjadi salah satu alat marketing yang ampuh. Bagusnya lagi, para pengguna instagram rata-rata adalah pengguna aktif.

Saatnya anda mulai memanfaatkan instagram untuk bisnis anda. Bukan hanya buat kepo-in para selebritis ya… Berikut ini strategi marketing di¬†instagram¬†yang perlu anda ketahui:

 

  1. Gunakan foto/gambar yang berkualitas baik

Instagram tidak terlepas dari gambar. Upload foto/gambar yang berkualitas baik karena foto menarik yang mempunyai kualitas gambar tinggi telah memperoleh interaksi yang lebih besar.

Buktinya, ratusan bahkan ribuan like dan komentar telah didapatkan oleh beberapa akun yang telah menerapkan cara ini. Selektiflah memilih foto untuk diupload di instagram.

Hal yang perlu diingat yaitu jangan terlalu banyak menggunakan efek editing. Alhasil gambar nanti tidak sesuai dengan aslinya, ini bisa membuat customer anda kecewa.

  1. Rutin posting gambar

Rajin posting gambar setiap harinya, strategi ini berguna untuk memelihara follower anda. Usahakan agar Instagram anda tetap mempunyai aktivitas yang konsisten setiap harinya.

Anda bisa posting foto event, foto proses pembuatan produk atau foto toko offline anda. Pertanyaannya, bagaimana jika seandainya Anda tidak mempunyai foto yang menarik untuk dibagikan?

Sesekali anda bisa posting kegiaan yang menarik bagi anda atau posting foto lainnya yang cukup menarik komentar follower anda dan jangan lupa quotes yang seru juga.

  1. Jangan abaikan kepopuleran hashtag (#)

Hashtag (#) bukanlah sebuah tren sesaat yang hanya digunakan untuk hiasan saja. Melainkan, hashtag tersebut disertakan untuk membuat produk bisnis anda semakin dikenal.

Kategorikan semua posting anda dengan tanda pagar (#) di kolom keterangan (caption). hashtag dapat meningkatkan visibilitas konten anda. Buat hashtag unik untuk bisnis anda dan posting secara berkala. Contohnya seperti ini #Hukumsosmed. Ini isinya menuju ke halaman yang berisi penjelasan tentang 10 Hukum Menggunakan Sosial Media.

Selanjutnya secara otomatis kategori unik memungkinkan pengguna dengan mudah menemukan foto produk bisnis anda melalui fitur pencarian Instagram.

  1. Gunakan nama akun yang mudah diingat

Berbisnis melalui media sosial seperti Instagram, maka anda perlu memperhatikan pemilihan nama akun anda. Carilah nama yang menarik dan mudah diingat. Jangan gunakan nama yang panjang yang sulit dieja apalagi diingat hanya gara-gara ingin unik.

  1. Follow sebanyak-banyaknya

Sebagian besar pengguna sungkan untuk memfollow lebih dulu. Namun ketika kita bicara tentang, jangan pernah sungkan. Anda dapat berinisiatif untuk follow calon pelanggan terlebih dahulu. Sehingga mereka bisa mencari tahu tentang siapa kita dari foto-foto milik kita ketika kita memfollow mereka.

  1. Tunjukkan kegunaan produk

Calon customer anda tentu ingin tahu kegunaan produk yang anda tawarkan. Anda bisa menampilkan tutorial penggunaan, manfaat produk, testimony customer anda yang lain, dsb. Penyampaian yang menarik akan menarik minat customer.

Adakalanya mereka tidak membutuhkannya tapi jika anda tampilkan sesuatu yang menarik maka mereka tidak sungkan untuk mencoba produk tersebut.

  1. Berikan hiburan yang menarik

Beri hiburan menarik di akun instagram anda. Bisa berupa video lucu, kuis berhadiah,, dll. Ini bisa memberi semangat follower anda, biar mereka kepo-in akun instagram anda terus.

Baca Juga: Rahasia Sosial Media Marketing yang mampu Mendongkrak Omzet Anda di Internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *