Skip to main content

Manfaat Daun Sirsak dan Khasiat Daun Sirsak

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Dan Pencegah Kanker

Apa manfaat daun sirsak? Manfaat daun sirsak ternyata sangat banyak sekali dan itu perlu kita ketahui. Siapa sangka tanaman yang mudah di jumpai dan buahnya yang enak dimakan ini memiliki khasiat yang begitu besar untuk manusia.

Dalam artikel ini saya akan memaparkan bagaimana manfaat dan khasiat daun sirsak. Disini saya menjelaskan beberapa kasiat daun sirsak atau kegunaan daun sirsak untuk kesehatan dan bagaimana cara mengolah daun sirsak ini untuk berbagai pengobatan.

Hasil dari penelitian menemukan hampir dari seluruh bagian sirsak ini bisa dijadikan obat herbal atau obat tradisional yang benar-benar ampuh untuk kesehatan tubuh manusia. Mulai dari bagian akar, kulit, daun, sampai dengan buahnya pun memiliki khasiat dan manfaat super. Boleh dibilang tanaman sirsak ini adalah tanaman super hebat.

Kegunaan daun sirsak yang paling fenomenal adalah untuk penanganan kanker. Hasil penelitian menyatakan bahwa ekstrak daun sirsak dapat mencegah dan mengobati penyakit kanker.

Sebelum saya menjelaskan lebih lanjut, alangkah baiknya saya memberikan data kandungan zat yang dimiliki oleh daun sirsak ini.

Kandungan Daun Sirsak

·         lactones

o   Annohexocina

o   Annomuricina A, B, C dan E

o   Annomutacina

o   Annopentocinas A, B dan C

o   Muricoreacina

o   Gigantetronemina

o   Murihexocina A dan C

o   Javoricina

·         Isoquinoline

o   Anonaine

o   Anoniine

o   Atherospermine

o   Coreximine

·         Lipid

o   Asam Gentisic

o   Asam Lignoceric

o   CLA

o   asam stearat

 

Nama latin sirsak adalah Annona  muricat L. Buah sirsak rasanya asem tapi enak, tapi rasa daunnya kecut. Meskipun daun sirsak tidak seenak daging buah sirsak, manfaatnya jauh lebih besar daripada buahnya. Hasil penelitian para ahli menyatakan bahwa daun sirsak bisa jadi alternatif pengobatan bagi penderita kanker. Hal ini pun diyakini bahwa fungsi daun sirsak memiliki kekuatan pengobatan 100 kali lipat lebih baik dari pada kemoterapi.

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Ada banyak sekali Manfaat daun sirsak untuk kesehatan selain pencegahan dan pengobatan penyakit kanker yaitu untuk mengobati diabetes dan asam urat.  Inilah Tujuh kegunaan yang saya catat dan sudah teruji bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat itu adalah sebagai berikut:

Manfaat Daun Sirsak Untuk Diabetes

Penyakit diabetes terjadi ketika kadar gula dalam darah kita berada diatas normal. Kisaran normal kadar gula dalam darah itu antara 70 mg sampai dengan 120 mg. Nah, untuk menstabilkan kadar gula ini daun sirsak memiliki nutrisi yang dapat mewujudkan hal tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa Ekstrak daun sirsak bisa menjadi solusi obat herbal untuk pengobatan diabetes secara alami.

Penggunaan daun sirsak untuk diabetes yaitu dengan mengambil 2 (dua) hingga 5 (lima) lembar daun, kemudian di cuci bersih dan direbus dengan 3 (tiga) gelas air hangat. Setelah air rebusan kira-kira tinggal segelas, air rebusan daun sirsak diminum secara rutin pada malam dan pagi hari. Penggunaanya bisa dilakukan selama 4 (empat) hari berturut-turut. Setelah itu, cobalah cek kembali kadar gula Anda.

Manfaat daun sirsak untuk kanker

Daun sirsak dapat menghambat sel kanker dan menyembuhkan kanker lebih cepat dan efektif daripada kemoterapi. Penelitian membuktikan bahwa sirsak memiliki bahan aktif 10,000 kali lebih kuat dari kemoterapi untuk melawan sel-sel kanker. Beberapa jenis kanker yang dapat diobati dengan daun sirsak ini diantaranya adalah kanker prostat, paru-paru dan payudara.

Penggunaan untuk mengobati kanker adalah dengan cara merebus sepuluh lembar daun sirsak dalam 3 gelas air hingga menjadi hanya satu gelas. Saringlah hasil rebusan tersebut kemudian diminum selama kurang lebih 4 (empat) minggu untuk melihat efek kesehatan tubuh Anda. Disinyalir bahwa daun sirsak ini merupakan obat herbal yang saat ini paling ampuh untuk pengobatan kanker.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Asam Urat

Cara menggunakan daun sirsak untuk asam urat adalah dengan merebus 6 (enam) hingga 10 (sepuluh) daun sirsak yang sudah tua tapi masih hijau warnanya. Daun sirsak ini kemudian di rebus dengan mengunakan dua gelas air. Air rebusan yang sudah jadi adalah sekitar satu gelas air yang tersisa setelah terjadi proses perebusan. Ramuan ini diminum dua kali sehari yaitu pagi dan sore untuk hasil yang maksimal.

Manfaat daun sirsak untuk Pengobatan sakit punggung

Obat herbal alami yang dapat dijadikan sebagai obat sakit punggun adalah dengan merebus 20 lembar daun sirsak dalam 5 gelas air sampai airnya tersisa 3 gelas saja. Minumlah tiga perempat cangkir sebanyak satu kali sehari.

Meningkatkan system kekebalan tubuh dan mencegah infeksi

Kandungan nutrisi daun sirsak diyakini meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi dalam tubuh manusia. Rebus daun sirsak 4-5 lembar di 4 gelas air sampai tersisa satu gelas air dan minum ramuan ini secara teratur sekali dalam sehari untuk hasil yang bermanfaat. Senyawa antioksidan dalam daun sirsak sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Mengatasi rematik

Untuk mengatasi eksim dan rematik caranya adalah dengan menghaluskan daun sirsak kemudian di oleskan pada bagian tubuh yang sakit akibat arthritis dan eksim serta rematik. Diamkan beberapa menit sampai daun sudah agak kering. Cara ini dilakukan secara teratur dua kali sehari.

Melawan bakteri virus parasite dan mencegah perkembangan tumor

Daun sirsak sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan parasit, virus, bakteri dan perkembangan tumor. Sifat penyembuhan yang dimiliki membuat daun sirsak mampu digunakan sebagai obat anti-kejang.

Daun sirsak mampu mengurangi demam dan menurunkan tekanan darah tinggi serta membantu dalam mengobati peradangan dan kaki bengkak. Membantu memperbaiki system pencernaan dan meningkatkan nafsu makan.

Hanya dengan mengkonsumsi daun sirsak secara teratur bisa membantu Anda dalam meningkatkan stamina dan memfasilitasi pemulihan yang cepat dari berbagai penyakit.

Manfaat daun sirsak untuk kulit juga tidak kalah pentingnya bagi tubuh kita, terutama yang mengalami masalah pada bagian kulit.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kecantikan

Mengobati Bisul

Cara penggunaannya cukup mudah, ambil beberapa daun sirsak yang masih muda sebanyak 5 sampai 10 helai, haluskan, dantempelkan di tempat yang terkena bisul sampai bisul tersebut mengering.

Pengobatan Eksim

Eksim atau eczema merupakan salah satu istilah yang digunakan untuk kelainan kulit (salah satu penyakit kulit). Eksim ini hampir mencakup seluruh kelainan kulit contohnya adalah kelainan kulit basah atau kelainan kulit yang terlalu kering.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, daun sirsak bisa mengobati eksim dengan cara alami. Anda dapat menggunakan daun sirsak sebagai masker (dengan menghaluskannya terlebih dahulu) dan mengoleskannya pada daerah yang terkena dua kali sehari secara teratur. Hal ini akan membantu dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh eksim selain untuk menyembuhkannya tentunya.

Mencegah Terjadinya Komedo

Daun sirsak yang telah dihaluskan jika dioleskan pada kulit dapat sangat berguna dalam mencegah terjadinya komedo dan masalah kulit lainnya juga.

 

Manfaat Daun Sirsak Untuk Rambut

Khasiat daun sirsak untuk rambut adalah menghambat pertumbuhan parasit yang tumbuh dikulit kepala yang dapat menyebabkan gangguan pada rambut seperti kutu dan ketombe. Anda bisa merebus daun sirsak selama 10-20 menit kemudian air rebusan ini diguanakan sebagai shampo. Hal ini bisa membantu Anda untuk menghilangkan kutu dan ketombe di kepala Anda.

Daftar khasiat dan Manfaat daun sirsak sebagai obat:

1.       Antibakteri  yaitu Untuk Menghambat pertumbuhan bakteri

2.       Antivirus yaitu Untuk menghambat perkembangan virus

3.       Antikanker yaitu Untuk Menghambat perkembangan kanker

4.       Antitumor yaitu Untuk Menghambat pertumbuhan tumor

5.       Antiparasit yaitu Untuk Menghambat perkembangan parasit

6.       Antimalaria yaitu Mencegah malaria

7.       Antileishmania yaitu Antileishmania

8.       Antispasmodic yaitu Zat yang dapat merelaksasikan otot polos

9.       Antikonfulsan yaitu antikonvulsan

10.   Astrigen yaitu Zat yang kerut / menciutkan selaput lendir

11.   Antimutagenik yaitu Zat yang menghambat mutasi gen

12.   Analgesik yaitu Zat yang dapat mengurangi rasa sakit / nyeri

13.   Anti-inflamasi yaitu Zat yang menekan peradangan

14.   Obat penurun panas yaitu Zat yang dapat menurunkan panas demam badan

15.   Hipotensi yaitu Zat yang menurunkan tekanan darah

16.   Hipoglikemik yaitu Zat yang menurunkan kadar gula darah

17.   Nervin yaitu Untuk memperkuat saraf / saraf tonik

18.   Kardiodepresan yaitu Menekan aktivitas jantung

19.   Galactogogue yaitu Zat yang dapat meningkatkan produksi ASI

20.   Obat penenang yaitu Zat yang menenangkan

21.   Stomakik yaitu Zat yang memperkuat perut dan meningkatkan nafsu makan

22.   Vasodilator yaitu Zat yang melebarkan pembuluh darah

23.   Vermifuge yaitu Zat yang dapat membunuh cacing usus

24.   Diuretik yaitu The emetik dari aurine

25.   Penenang yaitu Zat yang menenangkan

 

Tips Memanfaatkan Daun Sirsak

Sebelum Anda menggunakan daun sirsak untuk pengobatan, janganlah lupa untuk selalu mencucinya di air bersih yang mengalir. Hal ini dilakukan karena terdapat banyak   banyak kuman dan bakteri di daun sirsak.

Pastikan anda mengikuti anjuran yang diberikan agar tidak menggurangi khasiat dari daun tersebut.

Berkonsultasilah dengan ahli herbal untuk mendapatkan informasi nyata mengenai manfaat daun tanaman sirsak, cara penggunaan, dan kandungan gizinya.

Nah, itulah informasi tentang manfaat daun sirsak yang bisa saya sampaikan kepada Anda. Semoga bisa bermanfaat dan bisa jadi alternatife  pengobatan alami yang ampuh sesuai dengan hasil penelitian para ahli.

Terima kasih telah membaca artikel saya tentang manfaat daun sirsak.