Skip to main content

Tips Sukses Jualan Online terkait 3 Hal yang Paling Penting dan Mendasar

“Pak Ujang, Saya ingin sukses jualan online dan mendapatkan income pertama dari internet, bagaimana sih cara yang pertama kali harus saya lakukan?”

Supaya kita dapat menghasilkan uang dari internet seperti yang ditanyakan dalam pertanyaan diatas, maka hal-hal penting yang akan saya sampaikan dalam pembahasan kali ini harus Anda pahami.

Untuk bisa mendapatkan uang dari internet atau income dari online, kita harus tahu dulu produk atau jasa yang seperti apa yang sedang di cari dan dibutuhkan oleh market online. Ya, kita harus tahu dulu produk apa yang dicari dan dibutuhkan orang dari internet. Dengan kita berpegang teguh pada statement ini maka kegiatan bisnis online kita semakin mudah karena kita jualan produk yang sudah jelas pasarnya.

Berbeda lagi jika kita membangun pasar sendiri, artinya menciptakan pasar yang belum ada pencarinya di Internet. Hal ini pun bisa kita kerjakan, namun tidak semudah jualan dengan pangsa pasar yang sudah ada. Untuk dapat sukses dengan mudah dari bisnis jualan online kita harus mau menjual produk atau jasa tertentu yang sudah ada pasarnya. Oke ya Paham!

Saya kasih contoh,

Jika di internet orang banyak mencari barang tertentu missal saja Jilbab rabbani, kemudian kita memenuhi kebutuhan tersebut, maka disini proses transaksi akan mulai bejalan. Jika harganya sudah deal, kemudian pembeli setuju cara pengirimannya, maka Anda akan mendapatkan uang dari jual produk tersebut.

“Gimana Pak Ujang cara mengetahui produk yang sudah ada pasarnya dan seperti apa kriteria produk atau jasa yang sedang banyak di cari oleh market online seperti yang bapak jelasin sebelumnya?”

Oke, missal ketika kita akan jualan baju tidur, nah kita harus cari tahu baju tidur seperti apa yang sedang banyak dicari. Apakah dari segi merek dagang, atau dari modelnya, atau bisa juga dari harganya.

Kalau jualan hijab, hijab yang seperti apa yang banyak di sukai, modelnya juga seperti apa, dan harganya bagaimana.

Kalau jualan tiket liburan misalnya, kita harus tahu destinasinya kemana saja, kemudian benfitnya seperti apa, dan paket tour and travelnya berapa yang paling di sukai oleh banyak orang.

Dan seterusnya seperti itu caranya, mulai paham ya sampai disini?

“Lakukan Riset Sederhana Dulu seperti diatas Kemudian setelah kita menemukan pasar dan kebutuhannya seperti apa, barulah kita menjual apa yang mereka butuhkan”

Jadi, sekalipun kita menjual produknya dengan harga sedikit mahal, tapi ketika kita bisa menawarkan produk tersebut ke pasar yang tepat, demografinya tepat, maka kegiatan menjual akan semakin jadi mudah.

“Lalu Pak Ujang, dari mana kita mengetahui apa yang disukai oleh market online ketika mereka ingin membeli barang secara online?”

Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahui produk apa yang sedang dicari oleh market online, yaitu:

  1. Kita bisa lihat dari situs orang lain yang menjual produk yang kita bidik, kemudian kita lihat produk apa yang terlaris dan terjual banyak di situs orang lain tersebut.
  2. Kita riset menggunakan Google Keyword Planner untuk tahu kata kunci apa yang banyak di cari oleh market online untuk mendapatkan barang atau produk yang kita bidik. Kemudian ketika kita sudah dapat kata kuncinya, maka kita lakukan riset lagi degan menggunakan Google Trends. Dengan menggunakan tools ini maka kita akan mengetahui gambaran demografi market yang akan mau membeli produk yang kita jual.

“Selanjutnya gimana lagi Pak Ujang?”

Jika kita belum punya barangnya, maka kita bisa mencari barang dari supplier online atau supplier yang terdekat dengan daerah Anda. Setelah kita menemukan suppliernya, kita beli barangnya dengan jumlah yang banyak supaya kita dapat harga lebih murah.

Saya contohkan lagi, missal Anda menemukan market untuk jualan baju anak Branded, dan ternyata anda menemukan lagi marketnya yaitu baju branded merek tertentu, kemudian Anda menemukan wilayah tertentu untuk Anda garap sebagai pangsa pasar Anda. Sebagai demografinya Anda tahu pasar yang mencari baju anak branded merek tertentu itu adalah wanita usia diatas 27 Tahun.

Hal terpenting yang harus Anda ingat adalah”kalau kita ingin jualan produk yang sama dengan pesaing, maka Anda harus memenangkan minimal 2 hal dari 3 hal ini yaitu 1. Harga, 2. Kualitas Barang, 3. Jumlah atau Varian produk.

Kalau hal ini masih kurang, maka tambah lagi yaitu pelayanan yang memuaskan seperti respon yang cepat, packing yang baik, kemudahan dalam pembayaran, kemudian jasa kurir yang murah untuk mengirim barang yang Anda jual kepada konsumen Anda.

Dengan menggunakan cara yang sederhana ini saja, Anda bisa meningkatkan penjualan Anda. Jika Anda Ingin tahu strategi apa lagi yang dapat Anda kerjakan untuk sukses jualan online, maka Anda bisa pelajari hal ini lebih mendalam di study kasus jualan produk fisik lewat toko online.

“Pak Ujang, gimana nih saya sudah melakukan hal-hal diatas, namun saya tidak menemukan supliernya dan saya pun belum punya modal untuk membeli barang dalam jumlah yang banyak?”

Jika begitu, Anda mulailah dengan menjadi reseller atau dropshipper.

Apa itu reseller atau dropser?

Reseller atau dropshipper adalah Anda bergerak atau berprilaku sebagai marketing atau penjual, atau makelar. Anda tidak usah repot menyediakan barang apalagi stok barang, kemudian Anda pun tidak repot dengan urusan pengiriman barang.

Kegiatan Anda lebih mudah karena Anda hanya mencari pembeli kemudian setelah ada pembeli dan Anda sudah terima uang dari konsumen, yang harus Anda lakukan adalah membeli barang yang di inginkan oleh pembeli tersebut ke toko online yang menjual barangnya atau supplier yang sudah Anda tentukan.

Setelah Anda beli, maka mereka akan mengirimkan barang sesuai dengan alamat yang Anda berikan kepada mereka.

Untuk strategi jualannya Anda bisa menggunakan media social seperti Facebook, Twitter, BBM, Line, whatsapp, Instagram, dan lain-lain.

Dari kegiatan ini, banyak orang yang sukses menjalankan bisnis online tanpa harus ribet stok barang dan kirim barang sampai pada akhirnya mereka bisa stok barang sendiri dan punyat tim penjualan sendri.

Dari kegiatan reseller ini Anda akan menemukan banyak pelajaran berharga yang nantinya bisa ada bawa ke kegiatan bisnis besar yang anda jalani.

Nah, Kesimpulan dari 3 hal penting supaya bisa sukses jualan online itu adalah:

  1. Berfikirlah dari sudut pandang pembeli dengan mencari tahu apa yang menjadi kebutuhannya, seperti yang sudah saya jelaskan diatas.
  2. Gunakan terus Google Keyword Planner untuk mencari tahu apa kebutuhan market online dan pantaulah terus situs-situs toko online pesaing Anda untuk mengetahui produk terlaris yang mereka jual. Amati Tiru dan Modifikasi (Gunakan konsep ATM).
  3. Penuhilah kebutuhan pasar yang sudah kita temukan dengan memberikan penawaran produk kepada mereka dengan cara menjadi reseller atau dropship dan jika Anda punya modal besar, anda bisa membeli barangnya terlebih dahulu kemudian Anda jual kepada mereka.

Dengan mengaplikasikan 3 hal penting ini, Anda bisa lebih baik lagi dari toko online competitor Anda dan Anda bisa memenangkan pasar. Oke paham ya sampai disini?

Oke, saya punya permintaan kepada Anda, diluar sana banyak orang yang ingin sukses seperti Anda yang belum tahu caranya jualan online itu seperti apa, boleh ya saya minta Anda untuh share post ini supaya mereka bisa mendapatkan manfaat dari tulisan ini.

Ada pepatah mengatakan, “Buatlah kaya orang lain, maka kita sendiri pun akan menjadi orang kaya”. “Buatlah orang lain bisa, maka Anda pun akan bisa”. “Buatlah orang lain pandai dan pintar, maka Anda pun akan menjadi orang pandai dan pintar”. So, tombol share ada di halaman ini ya, Anda bisa share via Facebook atau twitter, atau google plus milik Anda dengan hanya menekan tombol share yang sudah saya sediakan di halaman ini. Sekian dan terima kasih.

Saya doakan setiap orang yang membaca tulisan saya sampai selesai dan melakukan share, mereka bisa sukses seperti apa yang mereka inginkan dan mereka menempuh perjalanannya dengan mudah dan dalam waktu yang cepat. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *